Guru Ngeblog itu ‘Seksi’
Table of Contents
Pengguna internet remaja Indonesia demikian besarnya, didukung semakin mudahnya mengkases internet melalui handphone dan tablet, memungkinkan internet dapat diakses kapan saja dan dimana saja. Memanfaatkan internet sebagai sumber sekaligus media pembelajaran bagi siswa dalam bentuk e-learning adalah hal menarik untuk dilakukan. Hartley, 2001 dalam bukunya Selling e-Learning, mengatakan bahwa e-learning merupakan suatu jenis belajar mengajar yang memungkinkan tersampaikannya bahan ajar ke siswa dengan menggunakan media internet, intranet atau media jaringan komputer lain.
Blog sebagai bentuk aplikasi web terupdate, dengan segala kelebihan dan kekurangannya sangat layak untuk digunakan dalam sistem e-learning. Melalui blog, guru dapat menyajikan pelajaran dalam bentuk tulisan, suara, gambar, grafik, animasi, video, dan latihan soal online. Juga memungkinkan tanya jawab real time dengan mengombinasikan web penyedia layanan tersebut yang ‘ditanamkan’ di blog.
Aktivitas ngeblog itu menarik. Menarik untuk dilakukan dengan berbagai macam manfaatnya. Sederhananya ngeblog itu mencerdaskan dua pihak, guru dan murid. Ketika guru menulis, secara otomatis ia dituntut untuk lebih banyak membaca. Hal ini akan mengembangkan kemampuan diri dari guru. Tulisan yang dihasilkan guru akan menjadi 'gizi' bagi para siswanya. Jika ngeblog itu menarik, maka guru blogger adalah sosok yang juga menarik (baca: menawan). Dalam artikel ini, saya (penulis) menamainya guru ‘seksi’. Selain untuk menggantikan kata menarik dan menawan, yang penulis maksudkan ‘seksi’ adalah:
1. Sabar
![]() |
| www.dreamstime.com |
2. Edukatif
![]() |
| www.theatlantic.com |
3. Kreatif
![]() |
| www.higher-creative.com |
- Update otomatis via facebook, twitter dan email. Untuk update melalui facebook dan twitter bisa memanfaatkan fasilitas dari twitterfeed.com. Pada saat kita memosting tulisan terbaru di blog kita, otomatis akan ditampilkan juga pada akun facebook dan twitter kita. Begitu juga dengan email, akan ada notifikasi pada email pengunjung yang sudah didaftarkan pada saat kita melakukan posting terbaru. Untuk email bisa menggunakan feedburner.google.com.
- Menyediakan guestbook untuk pengunjung yang ingin memberi komentar atau bertanya secara singkat, disamping kolom komentar yang biasanya sudah ada dibawah tulisan.
- Menyajikan video atau animasi yang sudah diupload melalui youtube.com.
- Menyediakan latihan soal online, dimana pengunjung bisa mengerjakan di blog kita dan mendapatkan nilai secara langsung. Ada juga yang setelah mengerjakan akan mendapatkan sertifikat beserta nilai yang bisa di-printout.
- Juga fasilitas lain yang membuat pengunjung betah berlama-lama belajar di blog kita, misalnya menyediakan musik untuk menemani pengunjung membaca, menyediakan link chatting ke akun Yahoo Messenger, Facebook, atau membat halaman facebook yang kita kelola untuk bertanya jawab secara real time.
- Memberikan bahan ajar melalui posting blog, termasuk menyertakan kreatifitas guru yang tidak ditemukan pada bahan ajar atau media lain, misalnya, pada pokok bahasan virus. Replikasi virus salah satunya dilakukan dengan daur litik. Tahapannya meliputi: Adsorbsi – Injeksi – Sintesis – Perakitan – Litik. Untuk memudahkan mengingat penulis menggunakan akronim sebgai ‘jembatan keledai‘:
Sekedar akronim untuk memudahkan belajar.
- Menampilkan karya terbaik siswa atau kelompok di blog. Misalnya suatu kali penulis minta siswa meng-create bentuk senam untuk menghafalkan nama-nama tulang dan pesendian pada manusia. Ini rekaman salah satu hasil karya anak-anak (kelompok).
- Menampilkan nilai ulangan harian dan tugas pada halaman terpassword dan siswa diberikan password untuk mengaksesnya.
- Menggunakan blog pada pembelajaran klasikal di kelas. Misalnya evaluasi untuk mengetahui daya serap siswa. Guru menunjuk siswa secara acak untuk maju ke depan, guru sudah menyiapkan soal evaluasi online pada blog yang ditanyangkan menggunakan LCD projector. Berikut tampilan siswa saat maju ke depan kelas:
![]() |
| dokumen pribadi |
Di bawah ini contoh latihan soal online yang dikerjakan siswa:
- Melakukan ulangan dengan soal online di blog. Bebeapa kali penulis menjadwalkan ulangan, siswa diajak ke lab. komputer, satu siswa menggunakan satu komputer. Mereka mengakses soal ulangan di blog yang disetting kemunculan soal secara random, sehingga para siswa tidak akan bisa saling memberi jawaban. Nilai langsung muncul setelah selesai mengerjakan semua soal.
4. Share
![]() |
| www.swipp.com |
5. Interaktif
![]() |
| www.romy-syaputra.wordpress.com |
Untuk meningkatkan interaktifitas blog bisa ‘mengawinkan’ blog dengan facebook. Kenapa? Mengingat pengguna facebook di Indonesia menurut antaranews.com menempati urutan ketiga setelah Amerika dan India dengan pengguna sebanyak 43,06 juta pada 2012.
Penulis sendiri menyediakan halaman khusus facebook yang diberi nama Biologi Terlengkap! untuk senantiasa berinteraksi dengan para pengunjung. Halaman ini digunakan untuk memberikan informasi update posting blog, sebagai sarana memberikan stimulus belajar dengan memberikan soal-soal latihan biologi, juga forum saling bertanya jawab antar anggota. Respon pengguna luar biasa, sejak di buat pertama kali pada hingga sekarang anggotanya mencapai 17.600-an orang.
Dengan kombinasi blog dan halaman facebook ini, penulis bisa mengajar kapan dan di mana saja, seperti yang saya tulis pada artikel Mengajar Sambil Jalan-jalan. Bisa!. Kombinasi ini memungkinkan penulis berkomunikasi secara langsung dengan para pengunjung.
Berikut salah-satu screenshoot obrolan pada halaman facebook Biologi Terlengkap!
Beragamnya kemampuan blog untuk digunakan sebagai e-learning, penulis mengajak para guru untuk aktif menulis di blog dan mari perbanyak guru-guru ‘seksi’ yang menyediakan sumber belajar (e-learning) bermakna bagi para siswa untuk memperkaya wawasan mereka dan memungkinkan mereka belajar kapan dan dimana saja, tanpa sekat, dan tanpa terkendala jarak dan waktu.








